Tuesday, August 8, 2017

Ini penyebab, kenapa hp android cepat panas dan cara mengatasi nya

Mungkin anda pernah bertanya-tanya dalam hati, kenapa hp android cepat panas? saat  ketika sedang dipakai main game, internetan, putar musik dan lainnya.  Ada hal penting yang terkadang sebagian orang tidak menyadari bahwa gejala panas pada hp android itu sebenarnya adalah hal yang wajar. Tetapi jika hp android mengalami panas yang tidak wajar dan tidak terlalu sering menggunakan hp android anda, maka situasi panas berlebih di hp android anda pasti ada penyebanya, tentu yang dibutuhkan adalah cara mengatasinya.

kenapa hp android cepat panas
Hp Android Cepat Panas
Sebenarnya akar permasalahan hp android cepat panas adalah pada baterai hp android itu sendiri. Itu bisa saja terjadi karena proses pemuaian atau mungkin sudah saatnya anda mengganti baterai yang baru karena memang hp android anda sudah mulai menurun performanya.

Tentu kita akan merasa kesal ketika kita sedang bermain game atau internetan, tiba-tiba hp android kita mengalami lag karena panas yang berlebih atau bahkan sampai mengalami hang. Sungguh merupakan situasi yang tidak menyenangkan banget. Apalagi pas kita sedang membuka aplikasi yang sangat-sangat penting, ingin rasanya melemparkan hp android jauh-jauh.. hehe..

Ada beberapa penyebab, kenapa hp android cepat panas, yang perlu diketahui oleh pengguna Smartphone atau merek ponsel lainnya. Ketika anda mendapati panas yang tidak wajar pada hp android, sebaiknya  anda berhati-hati dan pahami dulu satu-persatu penyebab umum hp android cepat panas sebelum anda memperbaikinya  dengan benar.

Berikut Penyebab Kenapa Hp Android Cepat Panas.?

1. Penggunaan Aplikasi yang berlebihan atau terlalu banyak membuka aplikasi
2. Terlalu Lama Bermain game
3. Menggunakan Hp Android ketika sedang dicharger/cas
4. Terlalu Lama Mengoperasikan Hp Android
5. Terlalu Lama digunakan saat tethering Hostpot
6. Menaruh Hp Android dekat panas (kompor, oven, terik matahari dll)
7. Baterai Hp Android sudah Usang dan waktunya di ganti.

Cara Mengatasi kenapa hp Android Cepat panas..?

1. Jangan Mengoperasikan Hp Android Terlalu Over
Gunakan pengoperasian Hp Android sewajarnya saja dan jangan terlalu lama bermain game, karena jika terlalu lama berarti memaksa kinerja Android yang menyebabkan android cepat panas.

2. Jauhkan Hp Android Anda dari Benda Yang Berifat Panas
Pengguna Hp Android sering menggunakan Android dibawah sinar matahari, menaruh  android diatas televisi, dekat oven dan sumber panas lainnya. Sebaiknya anda menjauhkan Hp android dari benda yang bersifat panas. 

3. Jangan Mengoperasikan Hp Android Ketika sedang di charger
hal ini kerap diabaikan oleh semua pengguna android padahal jelas bahwa mengoperasikan Hp android saat di charger menyebabkan hp android cepat panas. Selain itu juga akan mengakibatkan baterai rusak seperti penggelembungan baterai atau bahkan bisa saja meledak, meskipun jarang sekali ditemukan kasus baterai meledak.

4. tutup aplikasi yang tidak terpakai dan koneksi yang berpotensi menguras baterai
Coba anda tutup semua aplikasi yang tidak penting dengan benar melalui task manager atau aplikasi pihak ketiga. dan Switch off juga koneksi yang tidak diperlukan seperti wifi, GPS, Hostpot, bloetooth, infrared dan koneksi lainnya. Selain itu pastikan anda berada di lokasi yang mendapatkan sinyal dengan baik.

Aplikasi penghemat baterai seperti Clean Master dan DU Master pada android bisa juga dipertimbangkan untuk  masalah panas yang berlebih ini atau bisa juga dengan menutup semua aplikasi yang berjalan di android.

5. Periksa Aplikasi Yang teristal
Terkadang ada aplikasi yang membuat CPU bekerja secara terus menenerus meski tidak dipakai, namun ada juga  yang berjalan dengan sendirinya, yang pasti akan membuat baterai android bekerja secara tidak normal dan panas.

Cara mengatasi nya, anda hanya perlu memantau aplikasi tersebut melalui task manager bawaan android, ataupun dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Watchdog untuk melacak gejala ini pada android anda.

6. Batasi Penggunaan Tethering Hostpot
Jika anda terlalu lama menggunakan fitur tethering hostpot, maka Hp android anda akan cepat panas, maka dari itu, kurangi penggunaan tethering hostpot agar android anda tidak panas.

7. Ganti Baterai Hp Android anda dengan yang baru
Sebagaimana sudah dijelaskan diatas, jika memang hp android terlalu cepat panas dan tenaga baterai yang turun drastis, mati mendadak dan lain sebagainya, bisa dipastikan bahwa baterai android anda memang sudah selayaknya diganti dengan  yang baru. Itu adalah jalan terakhir agar masalah cepat panas pada hp android anda cepat diatasi.

Terakhir jika Hp Android anda terlalu panas, sering terjadi crash atau mati secara tiba-tiba dan anda sudah melakukan semua cara diatas, tetapi tidak ada perubahan, ada baiknya dibawa ke service Hp Android untuk didiagnosa dan mendapatkan perawatan yang lebih baik.


Namun jika situasi ini hanya terjadi sesekali, dan bisa diatasi dengan cara diatas. Itu bererti bahwa Hp android anda terlalu banyak bekerja, sehingga tidak kuat memprosesnya. Maka dari itu anda perlu untuk mengistrihatkan Hp Android anda dan merestatnya. dan berikan sedikit aliran udara sejuk.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab kenapa hp android cepat panas dan cara mengatasinya. Dan tentunya bisa anda jadikan referensi untuk pemulihan Hp android anda.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan